Tips Membuat Ikan Goreng Crispy, Kriuk, dan Renyah

      Category: Olahan Ikan        Tags:
sample ads for wordpress theme

Crispy ikan goreng memang selalu menjadi santapan paling menggugah selera. Terutama bila disajikan dengan nasi hangat saat makan bersama anggota keluarga. Namun terkadang, menggoreng ikan hingga benar-benar kriuk dan renyah tidak mudah. Tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan perlu beberapa tips tertentu. Berikut beberapa cara dan tips yang perlu diperhatikan dalam menggoreng ikan supaya terasa crispy, kriuk, gurih, dan renyah.

Ada kalanya crispy ikan goreng hanya renyah saat keluar dari penggorengan. Tetapi saat ditunggu beberapa lama, ikan goreng sudah tidak terasa renyah kembali. Salah satu tips yang perlu diperhatikan adalah dengan mengeluarkan seluruh isi perut atau jeroan ikan tersebut. Tak terkecuali dengan bagian insang. Caranya dengan membelah bagian perut ikan dengan menggunakan pisau yang tajam. Hati-hati dalam membelahnya, jangan sampai daging ikan yang lain terkoyak. Keluarkan isi perut dan jeroan ikan, termasuk bagian insang menggunakan tangan dengan perlahan. Pastikan tidak ada yang tersisa dan hanya daging serta tulangnya saja. Hal ini bertujuan untuk membuat minyak panas mampu meresap ke dalam daging ikan dan menggoreng seutuhnya hingga ke bagian-bagian terdalam. Selain itu, dengan membuang isi perut, jeroan, dan insang ikan, maka daging ikan akan terasa tidak terlalu tebal saat digoreng, sehingga membuatnya crispy dan renyah. Cara ini hanya untuk ikan berukuran besar seperti gurame, nila, atau lele juga bisa.

Selanjutnya hal yang paling penting untuk membuat crispy ikan goreng adalah menggunakan minyak yang cukup hingga mampu merendam keseluruhan bagian ikan. Menggoreng pun harus dengan minyak yang sudah panas supaya saat dimasukan, kulit luar bagian ikan akan menjadi kering dan kriuk. Pastikan menggoreng ikan satu persatu, hindari memasukan ikan langsung secara banyak. Karena hal tersebut akan mempengaruhi kerenyahan kulitnya. Untuk menambah kerenyahannya, bisa ditambahkan tepung roti atau tepung terigu yang dicampur telur. Dengan cara ini maka gizi dan nutrisi yang ada di dalam ikan tidak langsung hilang saat digoreng dengan minyak panas. Selain itu, tambahan karbohidrat dalam tepung dan protein dalam telur mampu menambah gizi dari ikan tersebut.

Mengakali crispy ikan goreng memang harus menggunakan minyak yang cukup banyak. Tetapi bisa ingin membuatnya lebih sehat, bisa menggunakan sedikit minyak saja. Walaupun hasilnya memang tidak terlalu crispy. Sebagai tambahan, bisa memakai minyak zaitun yang memiliki titik rendah yang tinggi dan api sedang. Pastikan menggunakan penggorengan yang anti lengket berhubung minyak yang digunakan juga sedikit. Supaya mengurangi kemungkinan kulit ikan akan menempel pada wajah dan mengurangi rasa renyah dari crispy ikan goreng tersebut. Namun menggunakan cara ini tidak bisa membuat ikan ukuran besar utuh benar-benar renyah dan kriuk. Sehingga bisa menggantinya dengan ikan berukuran sedang atau fillet ikan.

Leave a Reply