Tempat Pengolahan Ikan Fillet Cucut

      Category: Ikan Cucut        Tags:
sample ads for wordpress theme

Seperti yang kita ketahui, bahwa banyak sekali keanekaragaman hayati dan hewani yang ada di Indonesia dan bermanfaat bagi kelangsungan hidup ataupun kesehatan tubuh. Salah satunya adalah daging dari iakn cucut yang mungkin bagi sebagian orang seringkali tidak digunakan karena rasa yang kurang sedap, berbau amis atau pesing karena tingkat kadar amonia dan urea yang tinggi, sehingga tak sedikit para ibu – ibu membelinya dalam bentuk kemasan, baik yang sudah melalui proses pengolahan ikan fillet cucut atau yang berbentuk olahan abon dan lain sebagainya. Pengolahan ikan cucut ini sangat beragam. Pertama-tama anda bisa menjadikannya abon dengan bahan-bahan ikan cucut, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, sereh, gula pasir, asam Jawa ditambah dengan santan. Cara mengolahnya pun terbilang sangat  mudah. Pertama, ambil pisau dan talenan dan pastikan ikan di potong dengan benar, baik dari kulit dan tulangnya sendiri. Tetapi, bagi anda yang membeli dalam bentuk fillet ikan cucut, anda tidak perlu melakukan hal ini kembali. Kemudian, semua bahan yang disebutkan tadi anda blender dan berikan air sedikit. Tunggu kira-kira sampai 1 menit agar bumbu menjadi halus. Setelah itu, anda bisa mengambil wajan untuk menggoreng abon terlebih dahulu, dan tak lupa sebelumnya kelapa yang akan anda gunakan sebagai santan sudah di parut.

Untuk anda yang belum mengetahui pengolahan ikan fillet cucut, sebaiknya anda mengikuti langkah dibawah ini yaitu dengan melakukan penyiangan terhadapnikan cucut, yakni isang dan kepala ikan dibuang. Lalu, kulit dan tulang ikan itupun sebaiknya anda buag. Potong keckil-kecil sesuai dengan kebutuhan anda sendiri. Kemudian, anda cuci dan rendam dengan air garam, dan simpan di lemari es selama saty malam. Hal ini anda lakukan agar bau dari ikan tersebut hilang dan pastikan selama di dalam lemari es anda rutin melakukan pengecekan dengan mengaduk-aduk sesering mungkin. Setelah ikan tersebut dingin, maka anda bisa mencuci kembali dan meniriskannya. Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukanialah mengkukus ikan cucut tersebut, dan sebaiknya anda memberikan waktu kurang lebih 45 menit agar setiap kandungan gizi dari ikan tersebut tidak hilang. Kemudian, anda bisa melakukan pemerasan atau di pres hingga cairan dari ikan tersebut keluar dan kering. Apabila sudah selesai, anda bisa melakukan penumbukan terhadapikan cucut tersebut sampai halus, dan suiran ikan ini nantinya akan anda olah seperti abon pada umumnya.

Kemudian, barulah masuk kedalam langkah pengolahan ikan fillet cucut dengan mencampurkan bumbu yang sudah diolah sebelumnya. Masukan ikan fillet harus perlahan-lahan kedalam santan, agar rasa santan tidak berubah. Langkah yang bisa anda ambil adalah dengan mengekcilkan nyala api kompor , tunggulah beberapa saat hingga ikan menjadi setengah kering. Jika sudah selesai, maka anda bisa menggoreng ikan hasil olahan tersebut pada minyak panas yang dituangkan pada wajan ukuran sedang. Lalu, angkat dan tiriskan segera. Untuk menambah aroma dan rasa, anda bisa menambahkan bawang goreng dalam proses pengolahan ikan cucut itu sendiri.

Leave a Reply