Sajian Ikan Fillet Asam Manis

      Category: Masakan        Tags:
sample ads for wordpress theme

Indonesia adalah sebuah negara maritim yang memiliki kekayaan laut yang sangat besar. Potensi sumber daya laut tidak hanya pada wisata lautnya tetapi juga pada hasil laut yang melimpah dan beraneka ragam sehingga dapat diolah menjadi makanan yang lezat dan bergizi. Ada banyak jenis ikan yang ada di Indonesia dimana terdiri dari jenis ikan tawar, ikan laut, dan ikan payau. Dengan  keragaman jenis ikan ada akan membuat beragam teknik cara untuk mengubahnya menjadi makanan yang istimewa, bisa memasak dengan cara digoreng, direbus, dibakar, dipanggang, dan sebagainya. Selain itu resep yang dapat digunakan pun sangat beragam karena negara ini juga termasuk negara kepualauan sehingga memiliki banyak suku yang beraneka ragam sehingga memiliki teknik dan resep memasak ikan dengan cara yang berbeda. Salah satu resep makanan yang digemari oleh keluarga adalah ikan fillet asam manis.

Ikan fillet adalah kondisi ikan yang sudah dipisahkan antara daging ikan dan tulang ikan, sehingga dalam penggolahan ikan itu hanya daging yang akan diolah semuanya. Rasa asam manis adalah rasa yang sangat cocok dengan lidah orang Indonesia jadi tidak heran jika masakan dengan rasa asam manis menjadi favorit sebagian keluarga Indonesia. Ada beberapa cara yang harus dipersiapkan untuk membuat ikan fillet asam manis ini. Bahan yang diperlukan antara lain 1 ekor ikan berukuran sedang yang sudah difillet atau dipisahkan antara daging dengan tulangnya kemudian dipotong memanjang, 1 sdt jeruk nipis yang akan digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, ½ sdt garam, 1 siung bawang putih berukuran sedang,1/2sdt merica bubuk, dan minyak goreng secukupnya.

Bahan yang yang disiapkan untuk membuat lapisan daging fillet adalah 50 gr tepung terigu, tepung meizena 25 gr, ½ sdt bumbu kaldu bubuk, dan ¼ sdt merica bubuk. Bahan yang digunakan untuk membuat saus asam manis adalah ½ buah bawang bombay yang berukuran sedang kemudian diiris memamnjang, 2 siung bawang putih yang sudah dicincang kasar, 2 buah cabe merah besar yang diiris panjang, 3 sdm saus tomat, 4 sdm saus cabe, ½ sdt garam, ¼ sdt merica bubuk, ½ sdt gula pasir, 100 gr nanas yang dipotong kasar, 1 buah mentimun, 1 buah wortel yang dipotong korek api, 1 helai daun bawang yang dipotong kasar, 200 ml air, dan ½ sdm tepung meizena yang dilarutkan dalam air.

Cara membuat ikan fillet asam manis adalah setelah ikan dicuci bersih kemudian lumuri dagingnya dengan bawang putih yang telah dicincang, garam, mrica dan air jeruk lalu diamkan kurang lebih 15 menit. Angkat dan gulingkan potongan daging di atas bahan pelapis secra berlahan sambil ditepuk-tepuk agar tepung dapat menenmpel dengan sempurna. Panaskan minyak dengan api sedang kemudian ikan yang sudah ditaburi tepung pelapis tadi goreng sampai kuning keemasan dan tiriskan minyak. Kemudian buat sausnya yaitu tumis bawang bombay, bawang putih, dan cabe hingga tercium bau harum. Tambahkan saus tomat, saus cabe, garam, mrica, gula pasir secukupnya dan aduk rata. Masukkan potongan wortel sambil tambahkan air sedikit demi sedikit dan dimasak sampai mendidih. Masukkan potongan nanas, timun, dan daun bawang serta tepung meizena untuk mengentalkan. Setelah matang angkat dan siramkan saus pada ikan yang tadi sudah digoreng secara berlahan, dan masakan istimewa ini siap dihidangkan.

Leave a Reply