Pengolahan Ikan Fillet Cucut Secara Tepat Tanpa Menyisakan Bau

      Category: Ikan Cucut        Tags:
sample ads for wordpress theme

Bau amis khas ikan menjadi salah satu alasan orang terkadang enggan mengonsumsinya, tidak terkecuali Ikan Cucut. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang yang lebih senang untuk membeli Ikan Cucut yang sudah dikuliti atau biasa disebut dengan istilah fillet. Selain membeli Ikan fillet Cucut, Anda juga dapat mencoba sendiri cara pengolahan Ikan fillet Cucut yang tepat tanpa menyisakan bau amis sedikitpun. Bagi Anda yang ingin mengetahui caranya, simaklah ulasan selengkapnya pada artikel berikut ini. Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan darah yang terdapat pada Ikan Cucut sudah keluar semua. Untuk melakukan cara ini, terlebih dahulu tentunya Anda harus memisahkan bagian sirip dan ekornya agar mempermudah pekerjaan.

Memastikan semua darah sudah keluar dari bagian tubuh Ikan Cucut penting dilakukan sejak awal penting untuk menghindari bau busuk yang mungkin disebabkan oleh darah. Seperti yang diketahui, ikan yang sudah mati apabila tidak segera dibersihkan sangat mungkin mengeluarkan bau busuk. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk langsung membersihkan bagian tubuh ikan dari darah sebelum melangkah ke cara selanjutnya, yaitu menguliti Ikan Cucut. Berbeda dengan cara sebelumnya, untuk menguliti Ikan Cucut dibutuhkan kesabaran yang cukup dan kehati-hatian agar kulitnya tidak rusak. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda disarankan untuk menggunakan jenis pisau yang tajam. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk selalu mengasah pisau sebelum menguliti Ikan Cucut tersebut.

Cara selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memisahkan masing-masing organ pada Ikan Cucut. Salah satu organ yang cukup diminati pasar dan memiliki nilai jual tinggi adalah hati. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika hati adalah bagian pertama yang langsung disimpan pada proses pengolahan Ikan Cucut ini. Penyimpanan hati dimaksudkan untuk menjaga kualitasnya agar tetap segar sehingga layak dijual di pasaran. Perlu Anda ketahui, sebelum hati Ikan Cucut disimpan Anda terlebih dahulu harus mencucinya hingga benar-benar bersih dan pilihlah tempat yang sejuk untuk pengawetan Ikan Cucut secara alami. Cara terakhir pada proses ini adalah mengolah bagian daging agar terpisah dari bagian lainnya.

Cara ini dapat dikatakan sebagai proses inti pengolahan Ikan fillet Cucut karena akan menghasilkan daging secara utuh. Bagi Anda yang belum terbiasa melakukannya mungkin cara ini terbilang sedikit rumit karena membutuhkan keahlian khusus, namun terdapat tips khusus untuk mempermudah proses ini, yaitu belahlah tubuh Ikan Cucut mengikuti garis punggungnya. Lakukanlah tips ini untuk mengolah bagian tubuh Ikan Cucut pada kedua bagiannya. Setelah daging Ikan Cucut terpisah dari tulangnya, Anda bisa langsung memotongnya sesuai dengan selera. Namun jika Anda lebih menyukai Ikan fillet Cucut yang utuh, maka Anda tidak perlu memotongnya terlebih dahulu dan bisa langsung memasaknya menjadi berbagai hidangan yang lezat.

Itulah sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengolah Ikan fillet Cucut. Bagaimana cukup mudah bukan? Jadi mulai sekarang tidak ada alasan lagi untuk bermalas-malasan mengonsumsi Ikan Cucut. Hal ini dikarenakan Ikan fillet Cucut sangat cocok untuk dimasak menjadi beragam hidangan. Diantaranya yaitu, Sup Ikan Cucut yang akan lebih nikmat jika ditambahkan bagian siripnya. Selain itu, Ikan fillet Cucut juga bisa diolah menjadi Abon. Hidangan ini mulai banyak digemari karena selain lezat juga dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Jadi menu mana yang Anda pilih untuk hidangan Ikan fillet Cucut?

Leave a Reply