Menu Ikan Goreng Tepung

      Category: Masakan        Tags:
sample ads for wordpress theme

ikan-goreng-tepungMenu yang standar biasanya membuat orang bosan dan cenderung tidak memiliki nafsu makan. Sehingga diperlukan variasi menu atau alternatif menu yang menarik dan bisa menambah nafsu makan. Dengan variasi menu bisa diperoleh jenis masakan yang berbeda walaupun bahan yang digunakan sama. Menu yang baru dan berbeda akan menarik perhatian orang sehingga tertarik untuk mengetahui mengenai masakan tersebut secara lebih dalam. Anak-anak biasanya lebih menyukai jenis makanan kering yang biasanya dimasak dengan cara digoreng. Makanan yang digoreng akan memiliki rasa yang gurih dan akan renyah. Tidak semua anak menyukai makanan yang berasal dari ikan padahal bahan yang terkandung di dalam ikan sangat bagus untuk pertumbuhan anak. Sehingga ketika ingin menyiapkan menu untuk si kecil harus melakukan inovasi yakni membuat masakan ikan sesuai dengan makanan yang disukainya. Salah satu alternatif membuat menu untuk si kecil mau memakan ikan adalah dengan membuat ikan goreng tepung.

Ikan goreng tepung akan memiliki rasa gurih dan renyah sehingga sesuai untuk dijadikan teman makan, bahan yang dibutuhkan sederhana dan hanya menggunakan bahan untuk memasak pada umumnya. Cara pembuatannya juga mudah dan sederhana. Dalam membuat makanan ini sebaiknya menggunakan ikan yang masih segar karena akan menghasilkan cita rasa yang lebih nikmat. Ikan yang masih segar memiliki ciri antara lain kulit ikan berwarna cerah dan sisik ikan masih kuat tidak banyak yang copot, insang masih berwarna merah, mata menonjol ke luar dengan warna mata masih bening, keras dan kenyal ketika ditekan, dan mempunyai mau amis yang khas ikan segar.

Bahan yang diperlukan untuk membuat menu ini adalah ikan 250 gram yang sudah dipisahkan dengan kepalanya kemudian dipotong-potong beberapa bagian dengan ukuran sedang. Jika ukurannya terlalu besar bagian tengah akan sulit matang dan jika ukuran potongan terlalu kecil memiliki kemungkinan untuk menempel pada dinding wajan dan hancur. Ikan yang digunakan bisa ikan yang sudah difillet atau menggunakan ikan dengan duri yang menempel bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Bahan selanjutnya adalah mrica bubuk secukupnya, garam secukupnya, 1 sdm air lemon, minyak goreng secukupnya. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat pembalut ikan adalah tepung terigu sebanyak 100 gram, 1 sdm tepung beras, 100 cc susu cair, garam secukupnya, merica secukupnya. ¼ sdt baking powder.

Cara membuat ikan goreng tepung antara lain sebelum dimasak ikan harus dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran yang menempel padany dengan cara dicuci denganair yang mengalir. Kemudian rendam daging ikan dengan air lemon, mrica bubuk, dan garam yang bertujuan untuk menghilangkan bau amis dan rendam ikan kurang lebih 10 menit agar bumbu dapat meresap sempurna. Disamping itu kita membuat adonan pencelup yang dibuat dengan cara mencampurkan tepung terigu, tepung beras, susu cair, garam, mrica, dan baking powder. Agar mudah ketika proses pencampuran dan adonann tidak menggumpal sebaiknya bahan dimasukkan secara berurutan yakni tepung terigu, tepung beras, garam, mrica dan baking powder dulu campur sampai rata, jika sudah tercampur rata baru ditambahkan dengan susu cair. Celupkan ikan pada bahan pencelup sampai rata pada tubuh ikan. Panaskan minyak dengan api sedang. Kemudian celupkan ikan pada bahan pencelup dan langsung digoreng. Untuk hasil yang bagus sebaiknya menggunakan minyak yang banyak agar badan ikan dapat tercelup semua dan ikan dicelupkan sebelum beberapa saat sebelum digoreng. Goreng ikan sampai berwarna coklat keemasan dan matang. Ketika sudah matang angkat dan tiriskan, dan siap dihidangkan.

Leave a Reply