Mencari Grosir Ikan Fillet

      Category: Ikan Fillet        Tags:
sample ads for wordpress theme

Ikan fillet adalah daging ikan tanpa kepala, tulang, dan sisik. Ikan fillet sangat disukai oleh sebagian besar masyarakat karena pengolahannya yang mudah. Selain itu, ikan fillet juga memiliki keuntungan bagi konsumen seperti mudah dibentuk sesuai selera, memasak jadi lebih cepat, dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Bagi produsen, ikan fillet juga memberi keuntungan yaitu harga ikan fillet lebih tinggi daripada harga ikan utuh biasa dan limbah dari produksi ikan fillet seperti tulang ikan, kepala ikan, dan jeroan ikan dapat diolah lagi menjadi tepung ikan, makanan unggas, pupuk, dan produk-produk lainnya yang tentunya memiliki harga jual. Ada keuntungan ada pula kerugian. Kerugian dari adanya ikan fillet adalah produk ikan fillet lebih rentan terkontaminasi dan mutu ikan fillet lebih rendah dari ikan biasa.

Jaman dahulu ikan fillet hanya bisa ditemukan di supermarket. Tapi sekarang di pasar tradisional pun, bisa didapatkan ikan fillet hanya dengan meminta tolong sang pedagang untuk melepaskan daging ikan dari kepala dan tulangnya. Dan tentunya harga di pasar akan lebih murah. Ikan fillet yang sering dijumpai adalah ikan fillet tuna, salmon, dori, ataupun tenggiri. Ikan tersebut banyak dipilih karena dagingnya yang tebal. Daging tebal pada ikan membuat ikan mudah dipisahkan dari tulangnya dan tidak mudah hancur saat dimasak.

Banyaknya konsumen ikan fillet, membuat beberapa orang ingin berbisnis ikan fillet. Jika hanya ingin berbisnis ikan fillet yang sudah jadi, maka perlu referensi tempat grosir ikan fillet. Membeli ikan fillet di grosir akan lebih murah dibanding membeli di toko-toko ataupun pasar ikan. Agen grosir yang biasanya ada di masyarakat adalah grosir barang-barang kelontong untuk kebutuhan sehari-hari. Tetapi seiring perkembangan jaman, banyak yang membuat grosir ikan fillet. Ikan fillet yang dibeli dari pedagang grosir ini dapat dijual di luar dengan harga yang lebih tinggi. Dari situ keuntungan akan diperoleh. Jika ingin memperoleh keuntungan yang lebih besar, ikan fillet yang dibeli dari grosir tadi divariasi terlebih dahulu. Misal diberi bungkus yang bagus atau dibuat olahan makanan terlebih dahulu.

Namun bagaimana jika kita malah tertarik menjadi agen grosir ikan fillet? Jika terarik menjadi pedagang grosir ikan fillet, maka perlu referensi tempat-tempat grosir ikan utuh yang masih segar. Grosir ikan utuh dan segar banyak ditemui di daerah yang dekat dengan pantai. Atau jika mempunyai kenalan nelayan, membeli langsung dari nelayan pasti akan lebih murah. Jika sudah menemukan tempat grosir ikan utuh yang cocok, selanjutnya adalah merencanakan semua hal yang terkait dengan produksi ikan fillet dengan baik. Atau jika tidak ingin terlalu repot, sebaiknya mencari penyedia ikan fillet yang mau diajak bekerja sama. Sehingga nanti tinggal menjadi agen grosir ikan fillet saja. Setelah memutuskan pemilihan jalan produksi ikan fillet, selanjutnya adalah merencanakan dengan matang lokasi berdagang, harga dagangan secara grosir, dan akses untuk pembeli. Pembeli sangat sensitif dengan harga. Jadi pedagang grosir harus update harga grosir ikan fillet. Pembeli juga akan membanding-bandingkan harga. Sehingga sebagai pedagang grosir ikan fillet, sebisa mungkin juga mengetahui harga ikan fillet di grosir-grosir lawan yang menjual ikan fillet.

Demikian tadi uraian tentang ikan fillet, keuntungan ikan fillet, dan cara menjadi agen grosir ikan fillet. Semoga bisa membantu bagi yang sedang membutuhkan.

Leave a Reply