Memasakan Hidangan Ikan Fillet Goreng Tepung

      Category: Masakan        Tags:
sample ads for wordpress theme

Banyak variasi dalam memasak makanan dari jenis ikan salah satunya dengan cara difillet. Ikan fillet adalah kondisi ikan dimana daging dan tulangnya sudah dipisahkan. Ikan fillet memiliki beberapa tujuan diantaranya memudahkan proses memasak, menambah variasi menu, dan memudahkan ketika memakan ikan karena tidak perlu harus memisahkan duri dengan daging. Terkadang merasa bosan dan jenuh dengan jenis makanan yang hanya seperti itu saja sehingga untuk menambah selera makan harus dilakukan variasi menu yang berbeda setiap harinya. Di negera kita banyak sekali jenis ikan yang dengan mudah dapat diperoleh dan harganya pun sangat terjangkau. Ikan juga bisa dimasak dengan berbagai variasi menu seperti ikan fillet goreng tepung.

Ikan fillet goreng tepung adalah masakan yang menggunakan ikan sebagai bahan dasar utamanya kemudian diberi lapisan tepung dan kemudian digoreng sampai matang. Menu ini sangat cocok untuk anak-anak dan untuk digunakan sebagai lauk karena selain cara membuatnya mudah, menu ini juga memiliki rasa yang gurih, renyah, dan enak sehingga cocok untuk dijadikan lauk atau dimakan langsung. Ikan adalah hewan yang kaya nutrisi seperti omega 3 yang baik untuk kecerdasan dan daya ingat. Bahan yang digunakan untuk membuat masakan ini adalah 250 gram daging ikan yang sudah difillet dan kemudian bisa dipotong panjang atau pun dadu, minyak goreng secukupnya, ¼ sdt garam, 1 sdt air jeruk nipis, 1 sdt bawang putih bubuk, dan ¼ sdt merica bubuk. Bahan yang digunakan untuk membuat pencelup ikan adalah 50 gram tepung terigu protein sedang atau protein tinggi, ¼ sdt baking powder, ¼ sdm bawang putih bubuk, 100 ml air es, 12 gram tepung meizena, ¼ sdt garam, ½ sdt cabai bubuk, 1 batang daun bawang kemudian diiris halus. Bahan yang digunakan untuk membuat pelapis ikan adalah ¼ sdt merica, 150 gram tepung terigu, ½ sdt garam.

Sebelum mulai memasak yang harus diperhatikan adalah ikan fillet harus dibersihkan terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Cara untuk mencuci ikan fillet yang benar adalah ikan fillet dimasukkan ke dalam wadah dan siram dengan air bersih dan sedikit diremas-remas hingga bersih, dengan cara ini ikan fillet tidak akan rusak, kotoran yang menempel akan hilang. Setelah dicuci bersih rendam ikan pada campuran air jeruk nipis, bawang putih bubuk, merica bubuk dan garam hingga rata, cara ini digunakan untuk menghilangkan bau amis ikan dan membuat memberi rasa pada tahap pertama. Tubuh ikan dibolak balik agar semua bagian tubuh ikan terkena bumbu dan kemudian diamkan kurang lebih 15 menit agar bumbu bisa meresap sempurna.

Setelah didiamkan selama 15 menit letakkan ikan pada bahan pelapis yaitu campuran bahan  merica, tepung terigu, dan garam sampai rata diseluruh badan ikan. Setelah merata kemudian masukkan ikan ke dalam bahan pencelup yang berupa campuran tepung terigu, baking powder, bawang putih bubuk, air es, tepung meizena, garam, bubuk cabe, dan daun bawang, setelah ikan diguling-gulingkan pada lapisan pencelup maka ikan dimasukkan kembali pada lapisan pelapis. Hal ini dilakukan agar tepung yang menempel pada tepung dapat melekat sempurna dan hasil gorengan ikan yang krispi dan renyah. Panaskan minyak sampai mendidih. Minyak yang digunakan usahakan dalam volume yang cukup atau banyak sehingga badan ikan bisa tercelup dalam minyak sehingga memiliki tingkat kematangan yang sama dan hasil gorengan akan bisa lebih krispi. Goreng ikan sampai berwarna coklat keemasan. Ikan fillet goreng tepung siap dihidangkan.

Leave a Reply