Jenis–jenis Ikan Kakap

      Category: Ikan Kakap        Tags:
sample ads for wordpress theme

jenis-kakapIkan kakap mempunyai banyak jenis salah satunya ikan kakap putih, ikan kakap merah dan masih banyak lagi. Ikan kakap merupakan ikan yang hidup di daerah payau. Ikan kakap bisa dimasak dengan berbagai macam masakan sesuai dengan selera anda. Disini kami akan menyajikan beberapa resep masakan ikan kakap. Yang pertama ikan kakap goreng, untuk membuat ikan kakap goreng ini sangat simpel dan praktis sekali tanpa harus ribet. Baha-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ikan kakap goreng antara lain yaitu siapkan 1 ekor kakap ukuran sedang cuci hingga bersih sampai kotorannya hilang semua. Kemudian potong ikan kakap menjadi dua bagian atau sesua selera. Setelah dicuci sampai bersih. Siapkan jeruk nipis satu buah ambil perasan jeruk nipis dan lumuri ke ikan kakap yang sudah dicuci, kemudian diamkan kurang lebih 15 menit.

 

Kemudian kupas bawang putih 3 siung, merica, kunyit, kemiri, garam serta penyedap rasa, haluskan semua. Setelah sudah dihaluskan lumuri ke dalam rendaman ikan kakap, diamkan kurang lebih 10 menit agar bumbu meresap. Setelah itu siapkan wajan dan minyak goreng, kalau sudah panas dan mendidih, masukkan ikan kakap yang sudah di bumbuin, setelah semuanya sudah digoreng kemudian sajikan. Ikan kakap goreng siap dijadikan lauk. Resep yang kedua yaitu tim ikan kakap merah, bahan-bahan yang harus disiapkan antara lain cuci bersih ikan kakap putih dengan air garam, lalu fillet ikan kakap tersebut. Bawang putih 1 biji iris besar, bawang merah 1 biji iris besar, bawang bombay 1/8 siung iris besar, jahe secukupnya.

 

Olive oil atau bisa menggunakan minyak untuk menumis secukupnya, kecap manis dan kecap asin secukupnya. Tumis bawang putih, bawang merah, bawang bombay, jahe hingga layu dan baunya harum. Kemudian setelah bawang berwarna keemasan, tambahkan air sesuai selera atau jika ingin agak berkuah tuangkan lebih air kemudian aduk sebentar. Masukkan kecap manis, kecap asin, dan rasakan rasanya jika sudah pas maka tidak perlu menambah garam atau yang lainnya. Kecilkan api kompor masukkan fillet ikan kakap putih, biarkan bumbu meresap kedalam ikan selama kurang lebih 1 menit sambil ikannya dibolak balik. Matika kompor dan pindahkan fillet ikan kakap dan bumbunya kedalam wadah kukusan yang telah mendidih. Kemudian kukus kurang lebih 20 menit, setelah masak angkat kemudian hidangkan.

 

Resep yang bisa anda coba dirumah yang lainnya untuk jenis masakan kakap yang ketiga yaitu kakap angsiohi bien, bahan-bahan yang harus disiapkan untuk memasak kakap angsiohi bien antara lain telur 1 butir, kakap yang sudah di fillet 500 gram, tepung tapioka secukupnya, paprika 1 buah, bawang bombay 1 buah potong setengah lalu iris melintang, tausi 1 sendok makan, minyak goreng secukupnya. Cabai merah besar 2 buah, saus tiram secukupnya, mushroom saus 1 sendok makan, tepung maizena 2 sendok makan larutkan dalam air. Garam, gula, merica dan air secukupnya, minyak wijen 1 sendok makan, kecap manis, dan kecap asin secukupnya. Kemudian langkah-langkah selanjutnya potong-potong ikan kakap yang sudah dicuci sesuai selera, taburkan garam dan merica. Diamkan sesaat dan celupkan pada telur yang sudah dikocok. Balurkan pada tepung tapioka lalu goreng. Kemudian tumis bawang putih, bawang bombay, tausi. Masukkan air setelah baunya harum. Tambahkan kecap asin, kecap manis, saus tiram, mushroom sauce, kemudian beri bumbu garam, gula dan merica lalu didihkan. Masukkan paprika yang telah diiris kotak-kotak, cabai merah besar, lalu kentalkan dengan larutan maizena dan tambahkan minyak wijen aduk rata. Setelah mendidih dan rasanya pas angkat lalu sajikan.

Leave a Reply