Jenis Ikan Laut yang Sering Dikonsumsi

      Category: Ikan Laut        Tags:
sample ads for wordpress theme

Ikan laut merupakan sumber makanan yang memiliki gizi tinggi. Kandungan gizi yang dimiliki ikan laut cukup banyak seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, kalsium, magnesium, dan selenium. Terdapat banyak jenis ikan laut, dari yang mulai bisa dimakan sampai yang tidak bisa dimakan. Berikut ini daftar dari beberapa jenis ikan laut yang sering dikonsumsi beserta manfaatnya.

  1. Ikan teri

Ikan teri adalah nama untuk ikan laut yang kecil dan memiliki panjang maksimal lima cm. Ikan kecil ini biasanya memiliki tubuh yang berwarna perak kehijauan atau kebiruan. Bagi yang rumahnya jauh dari pantai, ikan teri bisa dibeli di pasar, supermarket, ataupun penjual sayur. Mengkonsumsi ikan teri mampu menjaga kesehatan jantung.

 

  1. Ikan tongkol

Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan laut yang hidup di perairan dangkal. Ikan tongkol bisa ditemukan di pesisir kawasan Indo-Pasifik Barat. Ikan tongkol sangat banyak peminatnya sehingga termasuk ikan yang menjadi buruan utama para nelayan.  Ikan tongkol memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Manfaat ikan tongkol antara lain menjaga kesehatan mata, mencegah kulit kusam, dan mencegah anemia.

 

  1. Ikan kakap

Ikan kakap memiliki nilai jual yang tinggi. Rasan dagingnya yang enak membuat ikan kakap banyak disukai dan dikonsumsi masyarakat. Bentuk tubuh ikan kakap ini bulat pipih. Kandungan selenium yang tinggi dari ikan kakap dapat mendukung fungsi sel darah putih.

 

  1. Ikan cakalang

Ikan cakalang sangat terkenal di Sulawesi. Makan ikan cakalang merupakan cara alami mencegah tubuh dari kanker ovarium, pankreas, dan saluran pencernaan lainnya.

 

  1. Ikan tenggiri

Ikan tenggiri memiliki harga yang sangat mahal. Ikan yang jarang ditemui ini memiliki rasa yang sangat khas. Biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat siomay, bakso ikan, kerupuk, dan lain lain.

 

  1. Ikan tuna

Ikan tuna masuk dalam family ikan tongkol namun ukurannya lebih besar dan hidupnya di perairan laut yang dalam. Manfaat ikan tuna sangat banyak yaitu mencegah stroke, mencegah tekanan darah tinggi, menurunkan kadar trigliserida, baik untuk kesehatan jantung, dan sebagainya.

 

 

 

  1. Ikan salmon

Ikan salmon banyak disukai karena dagingnya yang enak. Ikan salmon memiliki kandungan asam amino yang tinggi. Manfaat dari ikan salmon juga banyak, diantaranya adalah mencegah penyakit kardiovaskular, diabetes, radang sendi.  Salmon juga dapat menunjang kesehatan fungsi otak, membentuk otot, membantu pembakaran lemak, mempertajam pandangan mata, dan masih banyak manfaat yang lain.

 

  1. Ikan kod

Ikan kod merupakan ikan yang menjadi incaran saat pemancingan. Ikan kod biasanya memiliki berat antara 5 sampai 12 kg. Hati ikan kod diproses menjadi minyak hati kod yang bermanfaat untuk menambah nafsu makan, membuat cerdas, mempertajam penglihatan anak, dan menyehatkan jantung.

 

  1. Ikan kembung

Ikan kembung biasanya dijadikan ikan asin. Akan tetapi ikan kembung juga akan sangat lezat jika dipindang dan dipanggang. Ikan kembung memiliki kandungan asam lemak tak jenis yang besar. Jika dikonsumsi, ikan kembung akan memberi manfaat bagi kesehatan tubuh seperti mencegah penyakit jantung, menurunkan resiko diabetes, mengontrol tekanan darah, dan masih banyak manfaat lainnya.

 

  1. Ikan kerapu

Ikan kerapu memiliki harga yang tinggi karena cita rasanya yang enak dan tekstur dagingnya yang lembut. Mengkonsumsi ikan kerapu secara teratur dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner.

Demikian tadi penjelasan tentang beberapa jenis ikan laut yang sering dikonsumsi beserta manfaatnya.

Leave a Reply