Fillet Ikan Dori Ternyata Adalah Ikan Patin! Bagaimana Dengan harga Ikan Dori Asli?

      Category: Ikan Dori        Tags:
sample ads for wordpress theme

ikan-dori-asli

Anda pastinya tidak asing lagi dengan ikan dori. Mendengar namanya membuat beberapa orang ingat akan animasi besutan Disney yakni “Finding Nemo” atau “Finding Dory”. Bahkan, di kawasan pasar Indonesia saat ini sudah ada beberapa orang yang menjual daging ikan dori. Namun tahukah Anda bahwa ikan dori yang ada dipasaran tersebut bukanlah ikan dori asli seperti yang ada di film “Finding Dory”. Karena sebenarnya itu adalah daging ikan patin namun menggunakan nama merk ikan dori. Berikut akan kami jelaskan perbedaan ikan dori palsu, yakni ikan patin ini, dengan ikan dori asli. Termasuk harga ikan dori yang palsu dan yang asli itu sendiri.

Pertama kita bahas terlebih dahulu ikan dori asli yang terdapat dalam film “Finding Dory” tersebut. Ikan dori memiliki warna biru yang cerah dan berasal langsung dari laut. Justru ikan ini tergolong ikan langka yang tidak boleh dipelihara apa lagi dimakan. Daging ikan dori asli sendiri beracun dan dapat menyebabkan sakit perut. Karena ikan jenis ini hidup di terumbu karang yang dangkal dan memakan ganggang kotor yang hidup di dalamnya. Ikan dori ini sering disebut Blue Tang atau Royal Blue Tang atau juga Hippo Tang. Bila dijual pun, harga ikan dori sendiri sangat mahal berhubung ikan ini menjadi semakin langka. Sedangkan dipasaran Indonesia, yang dimaksud ikan dori itu bukanlah ikan ini. Jadi jangan salah sangka dulu ya.

Ada pula yang menyangka bahwa ikan dori kemasan dan yang ada dipasaran tersebut adalah ikan jenis John Dory yang sangat bergizi. Setelah ditelisik ternyata bukan juga ikan John Dory, ikan impor asal Vietnam ini memiliki nama latin pangasius hypophthalmus. Yang ternyata masih dalam satu keluarga dengan ikan lele atau ikan patin. Ikan dori di pasaran yang juga menjadi bahan fish and chips tersebut adalah ikan impor dari Vietnam yang merupakan aslinya adalah ikan patin. Sedangkan untuk ikan John Dory tersebut memiliki nama latin zeus faber. Bentuknya pipih kekuningan dan harga ikan dori asli ini juga tergolong mahal. Daging ikan John Dory asli berbentuk pipih, putih, dan lembut, kadar lemaknya juga rendah.

Mengapa ikan patin asal Vietnam ini bisa mendunia dan disebut sebagai ikan dori? Terlebih harga ikan dori palsu ini juga dibanderol dengan kisaran yang tinggi. Tidak tanggung-tanggung hingga mencapai ratusan ribu rupiah. Padahal sebenarnya ikan tersebut adalah ikan patin yang juga ada di Indonesia. Itu karena penamaan merk ikan tersebut yang membuat banyak orang tertipu. Nama ikan John Dory memang sangat terkenal sehingga produksi ikan patin di Vietnam menggunakan nama tersebut untuk memasarkan produknya hingga keluar negeri.

Leave a Reply