Cara Sukses Jual Ikan Laut

      Category: Ikan Laut        Tags:
sample ads for wordpress theme

Ikan laut menjadi makanan yang mewah karena kandungan nutrisinya yang tinggi dan rasanya yang enak. Karena hal tersebut, ikan laut menjadi makanan favorit kebanyakan orang. Jenis ikan laut yang biasanya dikonsumsi antara lain ikan tongkol, ikan teri, ikan kakap, ikan cakalang, ikan tuna, ikan tenggiri, salmon, dan lain sebagainya. Banyak orang yang menjadikan salah satu jenis ikan tersebut makanan favoritnya ataupun menjadikan ikan sebagai hidangan wajib saat makan.

Banyaknya orang yang menyukai ikan laut membuat bisnis ikan laut terasa menjajikan. Namun kebanyakan orang ingin berjualan ikan laut merasa takut. Takut jika gagal saat berjualan dan takut jika mengalami kerugian. Seharusnya kita tidak perlu takut dalam memulai bisnis jual ikan laut. Jika mengedepankan rasa takut, kita tidak akan bertemu dengan yang namanya kesuksesan. Berhubungan dengan hal tersebut, berikut ini akan dipaparkan beberapa cara sukses jual ikan laut.

Cara Sukses Jual Ikan Laut

  1. Memantapkan niat

Mantapkan niat jualan anda. Jika masih ada pemikiran rugi dalam benak anda, sebaiknya segera hilangkan. Sugesti diri bahwa berjualan ikan laut akan membawa berkah, membawa banyak keuntungan, dan bisa menjadi sumber penghasilan utama.

 

  1. Memiliki modal

Dalam berjualan ataupun berbisnis yang lain, tentu butuh modal. Jika tidak ada modal uang, modal nekat pun bisa menjadi solusi. Maksud modal nekat disini adalah nekat meminjam uang.

 

  1. Memilih jenis ikan laut yang akan dijual

Pilih jenis ikan laut yang sering dikonsumsi masyarakat tempat anda berjualan.

 

  1. Mencari pemasok ikan laut

Setelah mempunyai uang dan mengetahui jenis ikan apa yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah mulai mencari pemasok ikan laut. Ikan laut dengan harga murah dapat kita beli langsung dari nelayan. Nelayan biasanya menawarkan harga yang lebih murah. Jadi anda sebisa mungkin memiliki kenalan nelayan. Jika tidak memiliki kenalan nelayan atau rumah anda jauh dari pantai, maka anda bisa membeli ikan laut dengan harga grosir di pemasok ikan laut terdekat.

 

  1. Menyediakan perlengkapan berjualan

Perlengkapan berjualan yang dimaksud adalah wadah untuk berjualan ikan, kantong kresek, dan balok es. Balok es berfungsi untuk mendinginkan ikan agar tetap segar dan tidak cepat bau.

 

 

  1. Menentukan harga

Harga yang anda tawarkan jangan terlalu murah ataupun terlalu mahal. Harus sewajarnya harga pasaran.

 

  1. Memulai berjualan

Setelah mendapatkan ikan segar dan semua perlengkapannya, maka mulailah berjualan. Anda bisa berjualan di pasar atau berkeliling ke rumah-rumah. Jualan anda bisa dipastikan habis apalagi jika rumah anda jauh dari pantai atau laut. Karena ibu-ibu tak akan melewatkan ikan laut yang segar.

 

  1. Mencari pelanggan

Saat berjualan, keramah tamahan sangat diperlukan agar pembeli senang dan akhirnya anda mempunyai pelanggan. Pelanggan sangat penting karena mereka yang biasanya menyebarkan jualan anda, membeberkan kelebihan dan kekurangan dari dagangan.

 

  1. Mengembangkan bisnis jualan ikan laut

Jika sudah berjualan lumayan lama dan memiliki koneksi, anda bisa mengembangkan bisnis jualan ikan laut menjadi lebih besar. Anda tidak perlu berkeliling lagi, tapi menjadi pemasok ikan laut bagi warung-warung atau penjual-penjual kecil. Mereka yang akan menjualkan dagangan anda.

Beberapa cara yang dijelaskan di atas semoga dapat membantu anda dalam mencapai kesuksesan dalam bisnis jual ikan laut. Selalu berusaha dan berdoa sebenarnya yang menjadi kunci utama. Jika anda mengalami kerugian, jangan langsung putus asa. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply