Cara Mudah Membuat Fillet Ikan Segar

      Category: Ikan Fillet        Tags:
sample ads for wordpress theme

Banyak masyarakat yang menyukai daging fillet ikan. Karena dagingnya yang empuk, tanpa duri, tanpa sisik, bahkan ada yang tanpa kulit. Daging fillet ikan biasanya dijual di supermarket dengan kemasan modern. Namun sebenarnya Anda sendiri di rumah bisa membuat fillet ikan dari ikan utuh segar. Semua itu hanya perlu keterampilan dalam memotong bagian dari tubuh ikan tersebut. Terutama bagi ikan yang berukuran besar. Berikut tips dan cara membuatnya.

Dalam membuat fillet ikan, pastikan bahan yang digunakan adalah ikan segar yang berukuran besar. Sebelumnya, ikan dicuci dan dibersihkan terlebih dahulu, tidak lupa menghilangkan sisiknya dengan cara menggoreskan mata pisau pada lapisan sisik kulit ikan. Setelahnya gunakan kain atau lap bersih untuk mengusap tubuh ikan guna mempermudah proses pemotongan. Hal ini dapat mengurangi kelembaban yang ada pada kulit ikan. Potong bagian perut ikan dan usahakan untuk mengeluarkan isi perut atau jeroannya pertama kali. Termasuk pada bagian insang juga perlu dikeluarkan hingga hanya tersisa daging, kulit, dan tulang ikannya saja. Lalu ikan siap difillet dengan melepaskan kepala ikan terlebih dahulu. Letakan mata pisau di bagian belakang sirip dari dada ikan. Potong dengan posisi diagonal kebawah. Ulangi cara ini di setiap sisi sirip ikan hingga kepalanya benar-benar terlepas dari tubuh ikan.

Setelah ikan dibuang bagian kepalanya, potong juga bagian ekor. Dari bagian pangkal kepala, potong melalui tulang hingga bagian ekor. Pisahkan daging dengan tulang rusuk hingga menyisakan daging ikannya saja. Fillet ikan sudah hampir siap dalam tahap ini. Daging ikan ini sudah bisa dikatakan sebagai fillet ikan, tetapi ada yang ingin kulitnya juga tidak diikut sertakan. Caranya mudah, dengan perlahan, arahkan mata pisau dari ujung bagian ekor ikan. Iriskan antara kulit dan daging sedangkan gunakan tangan untuk menahan bagian kulitnya. Lucuti kulit dengan menggunakan pisau hingga ke bagian atas pangkal ikan. Daging fillet ikan pun siap untuk disajikan. Sebagai tips tambahan dalam membuat fillet ikan, bagian dari tubuh ikan yang sering dijadikan fillet adalah bagian perut. Karena memiliki banyak daging yang masih utuh dan posisinya agak jauh dari tulang rusuk ikan.

Banyak sekali masakan yang bisa dikreasikan dari fillet ikan. Seperti halnya sup atau tumisan. Fillet ikan yang hanya tersisa dagingnya saja bisa dipotong kecil-kecil menyerupai dadu untuk dijadikan sup atau tumisan. Sedangkan untuk membuat fish stick atau camilan stik ikan bisa memotong menjadi atau memanjang. Fillet ikan kemudian dibalurkan tepung roti atau campuran tepung terigu dengan telur dan kemudian digoreng. Membuat steak dari fillet ikan juga bisa dilakukan. Apa lagi untuk dijadikan bahan dasar sushi yang menggunakan fillet ikan mentah. Fillet ikan semua bisa dimasak sesuai dengan selera yang diinginkan.

Leave a Reply