Cara menyiapkan Ikan Fillet

      Category: Ikan Fillet        Tags:
sample ads for wordpress theme

fillet-ikan-dori

Apakah Anda penggemar kuliner ikan ? Kuliner adalah hobi yang sangat mengasikan, yaitu betapa menyenagkannya mencicipi berbagai aneka macam olahan makanan dan juga masakan dari berbagai jenis bahan makanan. Terlebih lagi untuk kuliner jenis ikan.  Ada orang yang sangat hobi memakan jenis makanan ikan, namun ada beberapa diantara masyaratkan kurang menyukai menyantap jenis ikan ikanan karena beberapa sebab, misalnya bau amis yang dimiliki ikan, duri yang terdapat di dalam ikan dan juga efek alergi dan juga penyebab lainnya. Namun tentunya ada beberapa jenis ikan yang sangat lezat apabila di olah dengan sebaik-baiknya. Produk ikan mentah selain di jual dengan bentuk ikan yang masih utuh baik dalam bentuk masih hidup dan juga baru saja ditangkap, ikan mentah juga biasa dijual dalam bentuk ikan fillet  atau potongan daging.

Fillet  adalah potongan daging ikan yang sudah dipisahkan  dari sisik, duri,  tulang kadang-kadang pula tanpa kulit. Jadi merupakan potongan daging yang sangat praktis dan memudahkan dalam mengolah menjadi masakan. Biasanya apabila anda lihat di swalayan atau di supermarket besar anda akan sering menemui ikan fillet ini. Berbagai jenis ikan banyak dibuat potongan fillet ini terlebih lagi fillet biasanya dibuat untuk ikan yang tergolong dengan ikan impor yang harganya cukup mahal yaitu seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan cod dll.

Dengan fillet ini memudahkan kita dalam mengolahan menjadi bahan pangan, jadi kita tidak perlu direpotkan dengan menyisihkan duri, dan juga sisik dan kulit. Memotong  ikan untuk menjadi fillet ada cara dan triknya. Berikut ini adalah cara membuat ikan menjadi ikan fillet :

  1. Gunakanlah pisau yang tajam khusus untuk memfillet, biasanya bentuknya panjang dantipis. Dengan begitu pisau ini akan memotong tulang dengan rapi. Jangan menggunakan pisau bergerigi untuk mem-fillet ikan akan merusak daging yang halus.
  2. Siapkan tempat are untuk memfillet, anda membutuhkan tempat yang luas karena anda akan menyisihkan ikan dari duri dan kulit.
  3. Setelah ikan dibersihkan , letakkan ikan secara horizontal di atas talenan dengan bagian ekor ikan menghadap ke arah Anda.
  4. Mulailah memotong kepala ikan. Tempelkan pisau di belakang insang dan potong ke arah bawah dengan sudut yang sedikit diagonal (ke arah kepala) menembus tulang. Balikkan ikan dan buatlah potongan diagonal lain. Ambil dan buang kepala ikan
  5. Membuang ekornya. Tempelkan pisau di titik pertemuan antara ekor dan badan ikan kemudian potong lurus ke bawah menembus kulit dan tulang ikan. Ambil dan buang ekornya. Dengan cara yang sama untuk tubuh ikan yang sisi balinya. Tariklah fillet dengan hati-hai dan sisihkan dari tulang dan duri juga kulit.

 

Demikianlah tips membuat ikan fillet, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply