Proses dan Cara yang Benar Dalam Pembuatan Tepung Ikan

      Category: Olahan Ikan        Tags: ,
sample ads for wordpress theme

Tepung ikan adalah produk yang berasal dari pengolahan ikan dari penggilingan dengan kadar air yang sangat rendah. Tepung ikan biasanya dijadikan sebagai bahan pangan ternak karena memiliki kandungan protein dan mineral yang tinggi. Cara membuat tepung ikan sendiri harus melalui beberapa proses seperti cara basah, cara kering, dan cara penyulingan. Berikut ulasan tentang cara membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan untuk cara membuat tepung ikan tidak sulit. Semua jenis ikan di laut dapat dibuat menjadi tepung ikan, tetapi akan lebih ekonomis bila menggunakan ikan yang berukuran kecil seperti teri. Ikan yang berukuran sedang harus dibersihkan dari isi perutnya, sehingga hanya akan menggunakan daging ikan sepenuhnya saja. Untuk ikan berukuran kecil tidak perlu dibuang jeroannya.

Setelah bahan yang lengkap sudah dipersiapkan tinggal menyiapkan alat-alatnya saja. Cara membuat tepung ikan menggunakan 3 alat dan 3 cara yang berbeda. Alat yang dibutuhkan adalah alat penggiling ikan untuk menggiling ikan yang basah menjadi bubur ikan. Lalu alat pengering guna menghilangkan kandungan air dalam bubur ikan hingga 8%. Lalu alat press yang berfungsi mengeluarkan lemak ikan keluar dari bubur ikan yang sudah kering tersebut.

Bila dijelaskan lebih rinci, berikut cara membuat tepung ikan:

  • Ikan kecil dan ikan besar yang sudah diolah atau dibuang isi perutnya disiapkan. Nantinya ikan ini harus dimasukan ke dalammesin penggiling ulir untuk mengaduk dan menggiling ikan menjadi seperti bubur.
  • Setelahnya, bubur ikan dikukus selama kurang lebih satu jam untuk membuatnya matang. Proses pengukusan ini guna untuk menghilangkan kadar lemak dari bubur ikan, serta menghilangkan kuman dan bakteri di dalamnya.
  • Lalu bubur ikan yang sudah dikukus dimasukan ke alat pengering. Bubur ikan diproses di alat pengering hingga kadar airnya hanya tersisa 8% saja. Bubur tentunya akan mengering namun bubur kering ini masih memiliki kadar lemak yang tinggi, sekitar 30%. Karena itu masih ada proses selanjutnya.
  • Bubur ikan kering dimasukan ke alat press untuk menghilangkan kadar lemak yang tinggi. Disini, minyak akan keluar dari bubuk ikan kering sehingga bebas dari lemak jenuh.
  • Bubur ikan kering yang sudah dipress akan digiling kembali guna mendapatkan hasil seperti serbuk atau bubuk. Lama penggilingannya tergantung dari hasil yang diinginkan. Biasanya untuk lolos proses pengayakan dibutuhkan kadar 40 hingga 60 mesh.
  • Ini adalah tahap akhir dari cara membuat tepung ikan. Selanjutnya bubuk atau serbuk tepung ikan siap dikemas di dalam karung, plastik, atau wadah yang kedap terhadap uap air. Perlu diperhatikan bahwa kadar air pada tepung harus sudah dibawah 8% atau benar-benar kering sebelum kemudian dikemas dan dijual.

Leave a Reply