Cara membuat fillet ikan

      Category: Ikan Fillet        Tags:
sample ads for wordpress theme

Fillet adalah kegiatan yang dilakukan untuk memisahkan tulang dengan daging yang menyertainnya dan merupakan salah satu proses persiapan memasak. Fillet bisa dilakukan pada berbagai tubuh hewan seperti fillet ikan. Fillet memiliki beberapa jenis diantaranya fillet berkulit/skin on fillet, fillet tidak berkulit /skinless fillet, fillet tunggal/single fillet, fillet kupu – kupu /butterfly fillet. Beberapa jenis fillet Khusus untuk ikan antara lain block fillet, cross cut fillet,quarter fillet, dan single filet. Dimana jenis dan macam fillet berdasarkan teknik memfillet itu sendiri.

Peralatan yang diperlukan ketika akan melakukan fillet ikan yaitu papan yang datar dan halus yang akan digunakan untuk meletakkan ikan. Peralatan yang kedua yaitu pisau yang tajam digunakan untuk memfillet ikan ketajaman pisau yang digunakan akan mempengaruhi kualitas dan struktur daging fillet yang dihasilkan, untuk jenis ikan yang halus gunakan pisau yang tipis dan tajam untuk menjaga kualitas daging ikan. Peralatan selanjutnya adalah sarung tangan latek yang digunakan untuk melindungi tangan dari bau ikan yang menempel. Perlatan selanjutnya adalah kain lap yang digunakan untuk mengurangi kelembapan ikan sehingga akan mempermudah proses memfillet. Ciri fillet ikan yang bagus adalah daging ikan akan berwarna putih, daging akan cemerlang dan bersih, serta akan tercium bau ikan yang masih segar.

Bahan yang digunakan dalam proses fillet ikan ini harus ikan yang masih segar. Karena ikan yang masih segar memiliki struktur yang masih sehingga lebih mudah ketika dilakukan proses penyayatan. Ciri ikan yang masih segar antara lain warna kulit ikan terang dan cerah, daging ikan akan terasa keras ketika ditekan, mata jernih menonjol dan cembung, sisik masih kuat, tidak banyak yang lepas dan mengkilat, insang berwarna merah, sirip kuat, kulit dan daging tidak mudah robek. Cara melakukan fillet ikan dapat dilakukan dengan cara yang pertama yaitu memotong kepala ikan dengan cara meletakkan pisau dibawah sirip dada dan letakkan secara diagonal ke bawah melalui tulang ikan kemudian balikkan dan lakukan hal yang sama pada sisi yang lainnya hingga kepala ikan dapat di pisahkan. Langkah yang kedua adalah memotong ekor ikan dilakukan dengan posisikan pisau di panggal ekor dan potong melewati tulang ikan. Langkah yang ketiga adalah memfillet tubuh ikan dilakukan dari ujung kepala dan potong sepanjang tubuh tulang dengan hati – hati dan potong di sekitar tulang untuk memisahkan fillet. Cara selanjutnya adalah potong bagian filletan untuk membuang isi perut ikan.  Cara yang terakhir adalah membuang kulit ikan dengan cara letakkan pisau diujung ekor ikan kemudian jalankan secara perlahan sepanjang fillet ikan dan usahakan posisi pisau agak miring agar hasil yang didapat lebih rapi sedangkan tangan satunya memegang tubuh ikan yang difillet. Untuk hasil yang memuaskan membutuhkan beberapa kali latihan dan mencoba untuk melakukan fillet ikan ini.

Leave a Reply