Agar Meraup Banyak Keuntungan saat Jual Ikan Fillet

      Category: Ikan Fillet        Tags:
sample ads for wordpress theme

Ikan fillet adalah ikan tanpa tulang, kepala, dan sisik. Hanya berwujud daging ikan saja. Ikan fillet sangat digemari oleh masyarakat karena ikan fillet tahan lama dan mudah diolah maupun dibentuk menjadi masakan. Banyaknya masyarakat yang menyukai ikan fillet membuat banyak orang yang ingin berjualan ikan fillet. Mereka berpikiran akan meraup untung yang banyak dengan berjualan ikan fillet. Namun, kenyataannya ada pula yang tidak berhasil dalam bisnis ikan fillet sehingga para pemula bisnis ikan fillet berlomba-lomba mencari cara jual ikan fillet yang membuat untung banyak. Berikut ini akan disajikan cara memulai bisnis berjualan ikan fillet dan sedikit tips agar meraup banyak keuntungan.

  1. Memiliki modal. Untuk berbisnis atau berjualan, tentu perlu modal. Jika tidak memiliki modal uang, modal nekat pun bisa menjadi solusi.
  2. Mencari pemasok ikan

Sebisa mungkin mencari pemasok ikan yang bisa diajak kerjasama. Ikan dengan harga murah dapat kita beli langsung dari nelayan. Ikan yang kita beli dari nelayan jika kita jual di pasar sudah pasti untung banyak, apalagi jika kita buat menjadi ikan fillet, pasti akan lebih menguntungkan. Jika anda tidak memiliki modal, anda harus menjalin hubungan baik dengan nelayan atau pemasok ikan sehingga anda bisa negosiasi terkait pembayaran ikan.

  1. Setelah mendapat pemasok ikan yang tepat, yang harus anda lakukan adalah memulai membuat ikan fillet. Ikan fillet anda harus baik agar konsumen selalu berlangganan pada anda. Maksud ikan fillet yang baik adalah daging ikan tidak kemasukan tulang ikan. Atau kulit ikan sempurna terpisah dari daging ikan. Untuk membuat ikan fillet yang baik, anda harus ahli dalam memfillet ikan. Bagi yang belum mengetahui cara membuat ikan fillet, berikut sedikit penjelasan cara-caranya.
  • Memotong kepala ikan dari belakang sirip dada ikan. Dipotong diagonal kebawah pada masing-masing sisi ikan
  • Membuang bagian ekor ikan
  • Menyayat tubuh ikan mulai dari bagian pangkal kepala sampai ke ekor dengan cara menekan dan memotong melalui tulang.
  • Memotong di sekitar tulang rusuk ikan untuk memisahkan daging ikan
  • Memotong bagian pinggir daging yang sudah terlepas guna membuang bagian punggung dan perut ikan
  • Membuang kulit ikan dengan cara mengiris antara kulit dan daging ikan. Kemudian bagian kulit ikan ditahan dan pisau digerakkan menyisir dari ekor sampai pangkal kepala ikan.

Bagi yang sudah bisa membuat ikan fillet, maka harus dibiasakan membuat ikan fillet agar bisa menjadi ahli dan agar hasil fillet ikan menjadi sempurna.

  1. Setelah bisa membuat, anda mencoba membuat ikan fillet untuk dijual. Untuk penjual pemula, anada sebaiknya mencoba sedikit dahulu.
  2. Selanjutnya adalah menjual ikan fillet. Sebaiknya anda jual ikan fillet dalam bentuk beku.
  3. Jika jualan anda habis, penjualan ikan fillet yang selanjutnya bisa ditambah. Dan jika ikan fillet masih sisa, masukkan pada freezer.
  4. Untuk menambah keuntungan, anda bisa memanfaatkan tulang ikan, kepala ikan , dan jeroan ikan. Tulang, kepala, dan jeroan tersebut dapat diolah lagi menjadi tepung ikan, makanan unggas, pupuk, dan produk-produk lainnya yang tentunya memiliki harga jual.

Jika anda belum bisa mengolahnya, anda bisa setorkan ke produsen tepung ikan, makanan unggas, ataupun produsen pupuk. Anda tentu akan mendapat imbalan walaupun tidak sebesar jika diolah sendiri. Untuk itu, anda juga harus belajar cara membuat makanan unggas dan sebagainya.

  1. Setelah ikan fillet anda memiliki banyak peminat dan pelanggan, anda harus mempertahankan kualitasnya agar pelanggan tidak kabur.

Demikian tadi beberapa cara jual ikan fillet, jika ditekuni bisa sangat menguntungkan. Terimakasih telah membaca, semoga dapat membantu.

Leave a Reply